Senin, 05 Maret 2012

IRT Tanpa ART

Kalau saya menilai diri sendiri, Saya termasuk IRT yang sukses tanpa ART *tsaaahhh :D
buktinya : Rumah saya termasuk kategori rapi, semua pekerjaan terhandle dan Adya pun terurus *bangga dikit" hehehe... 
Dulu saya sempat punya ART hingga Adya usia 4 bulanan. Itu karena syarat sah dari Ibu saya membolehkan saya balik ke rumah lagi adalah punya ART (1,5 bulan pasca melahirkan saya tinggal di rumah ibu).

ART saya waktu itu nggak nginep, datang ke rumah jam 12 siang dan sekitar jam 2 sudah pulang dengan gaji Rp. 400.000/bulan. Yaa..kurang lebih 2 jam dia bisa mencucui, menggosok, nyapu, ngepel dan cuci piring. Menurut saya pekerjaannya rapi, pokoknya profesional lah di dunia perARTan karena sudah pengalaman juga jadi TKI di Arab Saudi. Tapi saya jadi agak kesulitan untuknya meminta bantuan melakukan pekerjaan lain dan agak kesulitan memintanya melakukan pekerjaan sesuai dengan "pakem" saya, misal : nyuci clodi jangan digosok dan nyucinya pisahkan dari yang lain, walaupun nyuci di mesin cuci tapi direndam dulu, etc. Saya nggak terlalu cerewet sih soal kerjaan, yang penting kerjaan beres. Soal clodi, biasanya saya pisahkan dan saya cuci sendiri (sayang kalo rusak, belinya mahal hehehehe..)

Pun ketika izin pulang kampung tiga hari tapi ternyata sampai seminggu, atau tiba-tiba nggak masuk padahal sabtu-minggunya libur karena saya pergi. Saya nggak protes ataupun memotong gajinya seperti yang beberapa tetangga saya lakukan. 
Ketika si Mbak gak masuk, saya mentraining diri "oooo begini kalo gak pakai ART tapi punya bayi" aaannnddddd I did it, saya bisa kok. Nah, idealisme saya sebagai IRT muncul tuh. Sudah terlanjur nyemplung jadi emak-emak sampai saya resign kerja karena mau jadi full time mommy...kenapa saya nyemplung sekalian ke pekerjaan rumah tangga. Toh teman saya Ima Nurhikmah *Ima jangan GR :p bisa punya 2 anak tanpa ART di negri orang pula. Lagian Rp. 400.000 untuk rumah tangga pemula seperti saya adalah 'sesuatu', bisa untuk beli-belian ngisi rumah hehehe... ya sudahlah,  
"Mbak bulan depan istirahat dulu yaa, ini gaji dan sedikit tambahan. Terimakasih ya mbak selama ini" :)

Dan sampai sekarang saya adalah IRT yang sukses tanpa ART (haiyaahhhh!!!!)
Kunci kesuksesan saya adalah : lakukan sesuatu disaat anakmu tertidur hehe...
ya saya biasa ngebut kerja waktu Adya tidur. Cuci gosok saya lakukan malam biasanya, waktu tidur pagi adya bisa untuk jemur baju, bebenah, nyapu ngepel, Dhuha. Waktu tidur siang bisa untuk masak dan sebelum tidur biasanya saya cuci piring dulu jadi kalau pagi saya tinggal masak air dan masak makanan Adya. Hampir tiap hari tidur jam 12 malam. Alhamdulillah Adya termasuk anak yang anteng kalau saya sholat atau mandi, kalopun kadang nangis itu kasuistik. 

Waktu-waktu senggang saya bisa habiskan untuk baca buku, browsing atau ngoceh di jejaring sosial hehehe...yup! saya termasuk yang aktif ngoceh di Facebook, Twitter atau BBM dan WA (waktu BB belum dirusak sama Adya). Aktif ngoceh di jejaring sosial itu bukan karena nggak ada kerjaan lho yaaa tapi karena memang hobby, jadiiii mau sibuk kaya apa juga tetep menyempatkan diri untuk ngoceh hehe..
Yaa saya bisa lakukan semuanya, ada kepuasan tersendiri terhadap ini semua. Ada kebanggaan tersendiri ketika saya memutuskan menjadi sesuatu dan saya benar-benar terjun nyemplung terhadap sesuatu itu, pun menjadi Full Time Mommy. 

Konsekuensi dari "kesuksesan" saya sebagai IRT tanpa ART, saya jadi merasa nggak punya waktu untuk diri saya sendiri, liat deh saya sekarang kucel kan hehe ..


Akhir-akhir ini, setelah adya belajar berjalan saya merasa badan saya rontok. Tahajjud saya jadi terbengkalai. Kemarin, saya sempat berfikiran untuk mencari ART lagi yang menginap. Mungkin hal yang mudah ya... "kan tinggal cari ART lagi aja.." mmm kok saya merasa kalah ya? hehe.. mungkin saya terlalu idealis menjadi IRT :)

Sempat terpikir juga :  "Ji, lo butuh waktu untuk mengembangkan diri diluar kesibukan rumah tangga juga" 
Dan saya rasa Adya pun sudah waktunya terbiasa dengan orang lain. Mengingat selama ini saya tidak pernah meninggalkan Adya lebih dari 1 jam tanpa saya, itu pun Adya dipegang Papahnya, Ibu saya atau Adik saya atau tetangga depan rumah saya yang biasa "ngambil" Adya. Kalau tiba-tiba keadaan mengharuskan saya bekerja lagi, Adya sudah beradaptasi. 

Yaa... sepertinya sudah saatnya saya berbagi pekerjaan dengan ART. Harapan saya sih saya bisa punya ART yang bisa jadi seperti adik saya sendiri. Benar-benar niat kerja, nggak apa-apa belum punya pengalaman. Atau kalau dia putus sekolah, saya ada keinginan untuk membantunya melanjutkan sekolah minimal ikut Kejar Paket. Semoga .... 

Hmmm curhatnya cukup sekian ah, masih ada cucian piring numpuk minta dicuci hehehe..
oya, yang jadi pertanyaan .... kenapa ya berat badan saya gak turun-turun meski capek dan menyusui??? hahahahahaha....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar